oleh

Warga Penasaran “Dijejali” Lurah dengan Ikan Lele, Asner Silalahi Ngasi Solusi

SIANTAR | GN

Di tengah rasa penasaran warga yang baru saja “dijejali” Lurah Naga Pita dengan Ikan Lele, Calon Wali Kota Siantar Asner Silalahi, memberi solusi.

Rabu (25/11/2020) sekira pukul 15:00 WIB, lokasi Budi Daya Ikan Lele milik Sonerbin Simangunsong, di Jalan Rakutha Sembiring Lorong 8 Kelurahan Sigulang-gulang Kecamatan Siantar Utara, tengah berlangsung pelatihan Budi Daya Ikan Lele.

Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba, yang menjadi pesertanya, diharapkan bisa menyerap tips-tips sukses dalam membudidayakan Ikan Lele. Seperti halnya yang ditekuni oleh Sonerbin Simangunsong.

“Saya berharap, ibu-bapak nantinya bisa menyerap ilmu dari Budi Daya Ikan Lele yang akan disampaikan oleh Bapak Sonerbin. Kelak ilmu itu bisa diterapkan dan bisa menjadi mata pencarian untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Lurah Kelurahan Naga Pita, Sutrisno, yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan.

Sebelumnya, Ketua Pokmas Naga Pita, Mahadarma Saragih, memastikan kepada peserta pelatihan, bahwa pelatihan tidak dipungut biaya. “Bapak Sonerbin ini sangat mulia. Bahkan buku petunjuk teknisnya digratiskan beliau,” ujar Mahadarma.

Sementara itu Penyuluh Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Siantar, May Damanik, memastikan jika pemerintah akan mendorong Pokmas untuk bisa mengembangkan Budi Daya Ikan Lele. “Pemerintah pasti mendukung,” tegas May Damanik.

Semetara itu Sonerbin Simangunsong dalam keterangannya, berharap agar peserta pelatihan tidak sungkan untuk datang ke lokasi Budi Daya Ikan Lele miliknya. “Saya siap kapan saja untuk memberikan panduan teknis membudi dayakan Ikan Lele,” janji Sonerbin diteruskan dengan penjelasan materi dasar untuk sukses membudidayakan Ikan Lele menggunakan layar proyektor.

Di tengah beragam rasa penasaran warga masih menggelayutan soal modal, mendadak calon Wali Kota Siantar Asner Silalahi, datang di penghujung acara.

Asner Silalahi yang sudah diundang jauh hari sebelumnya, lantas diberi tempat untuk memberikan responsnya terhadap para pembudidaya Ikan Lele dan calon pembudidayanya.

Dengan tegas, Asner pun mengutarakan hasratnya ingin sekali memberikan perhatian penuh kepada para pembudidaya Ikan Lele seperti Sonerbin Simangunsong dan calon pembudidaya seperti Pokmas Naga Pita yang mengikuti pelatihan saat itu.

“Saya tak sebut kalau jadi wali kota. Nanti dianggap kampanye. Yang jelas saya pasti akan mendorong secara maksimal seluruh potensi demi meningkatkan taraf perekonomian warga. Dari awal Budi Daya sampai pemasarannya nanti akan saya perhatikan semaksimalnya,” tegas Asner yang kemudian dipotong Sonerbin terkait modal. “Kok bisa ada anggaran pemerintah untuk hal semacam ini Pak,” kata Sonerbin dijawab Asner dengan cepat. “Pasti itu!”.

Mendengar jawaban Asner, riuh tepuk tangan peserta pelatihan sontak pecah. Jargon Pasti pun berulangkali dipekikkan peserta sampai membuat lurah senyum sumringah.

Sementara Ir M Hutapea, tenaga ahli Budi Daya Lele milik Sonerbin, kembali memotong percakapan. “Sekadar bapak ibu ketahui, Pak Asner ini kelak kalau jadi Wali Kota Siantar, akan menjadikan Jalan Siantar Parapat sebagai lokasi wisata kuliner. Itu program beliau. Jadi di sana nanti bisa menjadi solusi untuk pemasaran kita,” kata Hutape disbut tawa pecah Asner. “Betul-betul. Saya lupa. Untung Pak Hutapea ingatkan,”

Asner kemudian keluar dari ruang pelatihan dan mengitari areal pembudidayaan Ikan Lele. Asner bahkan sempat terkejut ketika menebar pelet ke arah kolam. Serrrrrrr…. Ratusan Ikan Lelel di dalam kolam menyerbu pakan yang ditebar Asner. (Ung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA