oleh

PDAM Tirtauli dan LPPM USU akan Bangun Sumur Resapan di Nagahuta

SIANTAR | GN

PDAM Tirtauli kota Pematangsiantar bekerjasama dengan Indonesian Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) dan juga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU), akan mulai melaksanakan program pembangunan sumur-sumur resapan.

Pembangunan sumur resapan ini merupakan bagian dari program konservasi daya air yang dirancang untuk mengatasi penurunan debit air di umbul-umbul air milik PDAM Tirtauli, yang telah disusun lewat kajian yang dilakukan tim Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA).

Pembangunan sumur resapan ini akan dimulai dari daerah Kelurahan Nagahuta, dekat umbul air Nagahuta, yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun ini.

Sebagaimana diketahui, terjadinya penurunan debit air di sumber-sumber air belakangan ini telah menjadi permasalahan sejumlah daerah. Kondisi ini disebabkan berbagai faktor. Diantaranya perubahan iklim, perubahan tata dan fungsi lahan, dan juga perubahan pola hidup masyarakat di sekitarnya.

Oleh PDAM Tirtauli dan Pemko Pematangsiantar, kewaspadaan atas persoalan ini segera disikapi dengan mengintegrasikan upaya-upaya antisipasi ke dalam mekanisme dan dokumen perencanaan ke depan, yang diawali dengan membuat kerjasama dengan IUWASH.

IUWASH kemudian membuat Technical Assistance berupa kajian luar biasa dengan keterlibatan tenaga akademik untuk menganalisa dan menyusun mekanisme antisipasi tersebut. Dan objek pertama program ini adalah membangun sumur resapan di dekat umbul air Nagahuta. (Rel/Sul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA