oleh

Resman Panjaitan, Pejabat Sentral Pemko Siantar yang Tak Tergantikan (Bagian -1)

Catatan: Putra Marpaung

Hari ini (Jumat 19 Juni 2020) genap dua tahun almarhum Resman Panjaitan meninggal dunia. Pejabat sentral Pemko Siantar yang fenomenal ini belum juga tergantikan.

Semasa hidupnya, Resman dikenal sebagai sosok bersahabat. Terutama di kalangan wartawan. Pemaaf dan gemar membatu siapa saja, melekat pada pribadinya.

Malang melintang menduduki jabatan di Pemko Siantar, karir mendiang Resman terbilang moncer hingga berhasil ke puncak jabatan ASN dengan menduduki kursi Sekda Kota Siantar.

Sekali pun berstatus pelaksana tugas masa itu, tak jarang almarhum mau menjadi “bemper” bagi pimpinan atau teman sejawat. Terutama di kala ada masalah. Resman akan selalu hadir di barisan terdepan menyelesaikannya.

Tak heran dengan posisi itu, Resman banyak dikenal kalangan luas. Di jajaran pemerintah menjadi leadership, di tengah lingkungan masyarakat melekat label tokoh yang bijak padanya.

Bagi Resman pertemanan bukan diukur dengan materi. Tapi komitmen dan tanggungjawab tinggi. Demi persahabatan, Resman bahkan tak ragu mengeluarkan uang dengan jumlah besar. Tanpa hitung untung apalagi rugi, Resman menganggap itu adalah hal biasa dalam pergaulan.

Kebaikannya kepada orang lain tak pernah dia ingat. Berapa kali disakiti juga ia dengan cepat memberi maaf. Fleksibel dan sangat ellegan. Low profil dengan pembawaan yang sangat tenang.

Karakter itu tak tergantikan oleh satu pun ASN di jajaran Pemko Siantar hingga saat ini. Dua tahun berlalu, Resman meninggalkan banyak cerita yang bisa dipetik sebagai pengalaman berharga. Paling tak bisa terlupakan, ketika Pilkada periode lalu. (Bersambung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA