oleh

Radiapo-Nanda, Simalungun Jaya Sesungguhnya

Catatan: Sutan Harefa

Sosok pengusaha sukses melekat pada diri Radiapo Sinaga. Sementara Elka Nanda Shah, pengalaman di sektor pertanian, peternakan dan Pariwisata. Bila mereka berpasangan, Simalungun jaya sesungguhnya.

Masyarakat Simalungun sejak turun menurun mengandalkan sektor pertanian, peternakan serta pariwisata dalam kehidupan sehari-harinya. Sosok visioner yang serius dan perduli untuk meningkatkan masa depan tiga sektor ini belum pernah muncul.

Alih-alih mau berjuang membantu meringankan derita masyarakat petani dan peternak, hak-hak mereka pun tak jarang justru dikebiri. Dari mendapatkan jatah pupuk bersubsidi. Benih dan bibit ternak yang seharusnya menjadi hak mereka, malah sulit mereka dapati.

Lokasi pariwisata yang membutuhkan akses jalan lebih baik, juga kerap diabaikan. Akibatnya, mengurangi wisatawan untuk mau berkunjung. Imbasnya, masyarakat juga kehilangan inkam.

Tak heran akibat minimnya kepedulian penguasa terhadap tiga sektor ini, masyarakat Simalungun yang mayoritas menggantungkan hidup pada tiga sektor tersebut menjadi terseok-seok.

Para petani selalu butuh biaya tinggi acapkali awal masa produksi. Dana yang dikeluarkan teramat besar dari masa tanam mulai, pemupukan sampai panen. Total modal dikeluarkan terkadang harus minjam sana sini. Nahasnya tiba panen dan memasarkan hasil produksi, spekulasi harga terjadi. Harga jual anjlok hingga risiko nombok.

Besar harapan masyarakat Simalungun khusus petani, peternak dan kelompok-kelompok masyarakat pemukiman kawasan pariwisata, Radiapo Sinaga bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi kendala pada tiga sektor bisnis ini. Terutama, dari sisi pemasaran hasil produksi.

Sementara Elka Nanda Shah, bisa menggawangi dari sisi hulu. Yakni, menjaga stabilitas peningkatan produksi bagi petani dan peternak, sampai inovasi meningkatkan daya tarik pariwisata yang mendongkrak kunjungan wisata baik lokal mau pun mancanegara, terus meningkat. Parapat yang sudah punya nama bisa diandalkan, potensi pariwisata lain bisa dimunculkan.

Sebagai generasi Millenial, Elka Nanda dipercaya mampu menggenjot tiga sektor tersebut ke depannya. Radiapo, sebagai penjamin harga jual yang menguntungkan bagi pelaku di tiga sektor tersebut, dirasa handal soal itu. Banyak pihak memprediksi, Radiapo dan Nanda jika menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, akan menjawab keluhan tiga sektor andalan masyarakat Simalungun itu nantinya. Mungkinkah keduanya ‘kawin’ di Pilkada 2020 nanti? Waktu menjawab semuanya. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA