oleh

Ini Alasan 2 Napi Memilih Kabur dari LP Batu VI Pematangsiantar

SIMALUNGUN | GN- Eben Ejer Gultom (32) bersama Surya Darma Sitorus (34), gak tahan menunggu sebulan lebih untuk masa pembebasan dari LP Kelas IIa Batu VI Pematangsiantar Kabupaten Simalungun. Keduanya, lalu memilih kabur.

Humas LP Batu VI Hiras Silalahi, menegaskan jika kedua napi kasus pencurian yang  kabur sejak Kamis (22/08/2019) siang, sudah berhasil ditemukan dan diamankan kembali di dalam Lapas. Penangkapan keduanya dilakukan dengan waktu yang berbeda. “Sudah diamankan,” kata Hiras, Senin (26/08/2019) pagi.

Surya Darma Sitorus, berhasil ditemukan dari kawasan pertanian tak jauh dari lokasi wisata Parapat Kabupaten Simalungun. Hanya beberapa jam setelah kabur. Warga Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba Kota Siantar, ini lalu dibawa kembali ke LP Batu VI Simalungun.

Sementara Eben Ejer Gultom, bisa dibawa kembali ke penjara setelah salahseorang keluarganya menghubungi petugas Lapas dan menginformasikan keberadaannya di rumah orangtuanya, Sabtu malam (24/08/2019) sekira pukul 18.00 WIB.

“Kita dihubungi keluarganya dan mengaku Eben Ejer Gultom ingin menyerahkan diri. Kita lalu melapor dulu ke Pak Kalapas Porman Siregar yang kemudian memerintah petugas melakukan penjemputan ke alamat orangtuanya,” tegas Hiras.

Setelah dijeput dari kawasan kediaman orangtuanya di Jalan Hau Hole, Kelurahan Parsaoran, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Eben Ejer kembali dijebloskan ke dalam sel khusus bersama rekannya Surya Darma Sitorus. Pemisahan sel dilakukan agar keduanya tidak membawa pengaruh bagi warga binaan lainnya.

Masih kata Hiras, keduanya baru satu bulan lebih bertugas sebagai tamping luar tembok. Keduanya, sesungguhnya sudah mendapat persetujuan pembebasan bersyarat (PB) dan akan dibebaskan 1 bulan lagi. Namun lantaran kabur, PB keduanya dibatalkan dan pemotongan remisi yang selama ini sudah diterima, terpaksa dicabut.

Kepada petugas Lapas, keduanya mengaku nekat kabur karena diiming-imingi kerja dengan gaji tinggi di luar penjara.  “Kita sangat berterimakasih kepada jajaran Polres Simalungun yang sudah ikut membantu selama proses pencarian,” tutup Hiras. (Ung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA