oleh

Dua Ketua KNPI Ajak Gobernews Membunuh

Catatan: Manson Halomoan Purba

Kemarin. Beranda depan Kantor Redaksi gobernews.co.id, ramai sekali. Sekelompok pemuda datang. Berseragam loreng Sapma PP. Sebagian lagi, mengenakan jas KNPI. Apa gerangan?

Sekejap memang. Rasa penasaran langsung segera terjawab. Ketika Ketua KNPI Kabupaten Simalungun Elka Nanda Shah, berikut Ketua KNPI Kota Siantar Ilal Mahdi Nasution, mulai marengsek masuk ke ruang depan kantor yang disambut oleh security di pintu utama.

Suasana mencair. Nanda, langsung menjabat tangan Pimred gobernews.co.id, Putra Marpaung. Ketepatan memang. Pimred tengah tumben berada di kantor di siang bolong. Ilal Mhadi, serta rombongan lainnya, kemudian menyusul masuk dan berjabat tangan dengan Pimred.

“Dadakan (mampir) aja ni Bang,” ujar Nanda lalu berlanjut ngobrol setelah didahului dengan tanya-tanya kabar. Satu jam ngobrol, Nanda berikut Ilal yang tak asing lagi dari kalangan media, lantas mengungkap rasa keprihatinan soal hoax (penyebaran berita bohong) dan hate speech (ujaran kebencian) akhir-akhir ini, terus bergelinding seperti bola liar.

Sesekali dijadikan komoditas politis, bahkan tak jarang dijadikan kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Menurut Nanda dan Ilal, media menjadi penting untuk ikut berpartisipasi membunuh Hoax dan Hate Speech agar tak berkembang biak dan merajalela. Sebab, sepengetahuan mereka, media memiliki talenta dalam menangkal dua isu negatif itu terus berkembang.

Masih Nanda berpendapat, dampak dari H2 (sebutan hoax dan haet speech) selama ini, sangat merugikan masyarakat.

Nanda dan Ilal pun berpesan, agar gobernews.co.id, serius membunuh Hoax dan Hate Speech dengan menurunkan berita yang bersifat mengklarifikasi dari Haox dan Hate Speech yang menyebar secara liar. “Itu Bang. Kita bunuh sama-sama Hoax dan Haet Speech itu. Karena selama ini H2 itu bikin masyarakat rugi,” papar Ilal.

Tampak mendampingi dua Ketua KNPI kala itu, pemerhati hukum Willy Sidahuruk dan Aktivis Hukum Fawer Full Sihite. Setelah mantab menyatukan niat, Nanda beserta pasukannya pamit sekaligus berterimakasih. Terakhir, Nanda berpesan kepada seluruh jajaran generasi muda khususnya, agar ikut peduli menangkal H2 baik di media sosial dan antar lisan semata.

Sebelum berpisah, Putra Marapaung juga mengutarakan rasa terimakasihnya atas kunjungan dia tokoh muda tersebut. Harapannya, keduanya tak bosan untuk memberi masukan positif kepada gobernews.co.id apalagi demi kepentingan publik. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA