oleh

Ditarget 5 Ribu Orang, Perayaan Natal Pemkab Humbahas Sepi 

HUMBAHAS| GN – Perayaan Natal Pemkab Humbang Hasundutan sepi. Tak tampak antusias masyarakat untuk menghadirinya.
Padahal, kegiatan yang digelar Selasa (18/12/2018) di Tanah Lapang Merdeka Jalan Veteran Dolok Sanggul, sempat ditargetkan 5 ribu peserta.
Dari amatan wartawan, perayaan Natal berjalan sesuai tertib acara. Dengan Thema: Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita, yang dikutip dari Perjanjian 1 Korintus 1:30a. Sementara Sub Thema ‘Melalui Perayaa Natal Bersama Mari Mengandalkan Hikmat Kristus, Menyambut Program Pemerintah yang Berkelanjutan Untuk Mencapai Masyarakat Humbahas yang Damai, Rukun dan Sejahtera’.
Namun dari antusiasme masyarakat, perayaan Natal kali ini, sangat minim. Kurang diminati oleh masyarakat maupun undangan lainnya. Pasalnya, banyak kursi yang telah disediakan oleh panitia, justru kosong atau tidak ditempati mulai acara pukul 10.45 WIB, hingga selesai.
Kegiatan Natal ini merupakan kalender tahunan yang tak terlepas tiap tahunnya diadakan oleh pemerintah setempat. Sama seperti tahun sebelumnya, tiap gelar acara ditargetkan jumlah peserta. Termasuk tahun ini, ditarget, undangan diinformasikan mencapai 5 ribu orang.
Biarpun sepi, perayaan Natal dihadiri langsung oleh Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor beserta istri, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora beserta istri, Sekdakab Tonny Sihombing beserta istri, Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit, Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico J Siagian, Ketua PN Taput Sotardodo Sipayung dan pimpinan serta perangkat OPD.
Bupati Dosmar Banjarnahor dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa perayaan Natal yang mengangkat thema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” adalah thema yang sangat tepat dan inspiratif. 
Kata Dosmar, thema ini menunjukkan kasih Tuhan kepada seluruh umat manusia agar setiap Orang Kristen, memiliki pemahaman sesungguhnya tentang hikmat yang benar. Sehingga, iman Kristen tidak didasarkan pada hikmat manusia, tetapi pada hikmat Allah.
“Sebab perkembangan dunia yang kita amati pada jaman milenial ini, manusia sudah cenderung mengandalkan pengetahuan, pengalaman dan logika berpikirnya dibandingkan mengandalkan Tuhan,” ucap Dosmar.
“Pada perayaan Natal yang penuh suka cita ini, mari kita jadikan perayaan Natal tahun ini untuk menguatkan kembali komitmen,” imbuh Dosmar sembari menyebutkan komitmen itu, antara lain meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan, senantiasa bekerja keras, menjaga infranstruktur pembangunan ekonomi dan sosial.
“Ungkapan ‘anakhonhi do hamoraon di ahu’, tidak asing lagi bagi Orang Batak. Apa pun dilakukan untuk kemajuan, masa depan, tetapi tugas orangtua tidak cukup hanya mencari uang untuk memberikan fasilitaa bagi anaknya. Juga, harus memberikan waktu, perhatian serta mendidik dan mengajarinya di rumah. Agar anak tidak hanya pintar tapi memiliki karakter dan kepribadian yang baik,” harap Dosmar.
Panitia Akui Sepi Tamu Karena Ada Halangan
Terpisah, sekaitan sepinya perayaan Natal ini, Kepala Bagian Kesra Pemkab Humbang Hasundutan Jakkon Marbun, mengakui hal itu. Namun, Jakkon beralasan ada kemungkinan halangan. 
“Mungkin saat ini mereka (undangan) banyak yang sibuk pesta. Lagian juga acara Natal sekarang ada di mana-mana,” aku Jakkon saat dikonfirmasi usai acara.
Jakkon menyebut, bahwa kehadiran tamu yang diundang sesuai data ditargetkan 5 ribu orang. Di antaranya Kecamatan Tarabintang 1000 undangan, Pakkat 200, Parlilitan 200, Onanganjang 200, Sijamapolang 200, Baktiraja 200, Lintong Nihuta 300, Pollung 300. Sedangkan, Kecamatan Peranginan 200 undangan.
Namun, target yang didata, Jakkon yang mengharapkan datang atas perayaan ini tidak merasa kecewa. Dikarenakan, selain acara Natal bersamaan, juga adanya pesta serta musimnya mangula (bertani-red).
“Kita targetkan 5 ribu undangan hadir, tapi mungkin saat ini mereka banyak yang sibuk pesta, lagian juga acara Natal sekarang di mana-mana. Kemudian, belum lagi sekarang musim nua mangula di sawah. Saya rasa itu jadi hal ketidakheranan,” ungkap Jakkon.
Selain dari undangan perkecamatan, Jakkon juga mengakui panitia juga ada mengundang kelompok pemakai becak bermotor. Sayangnya, yang ditargetkan 100 orang, Jakkon mengaku hanya 10 saja yang hadir. (Gam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA