oleh

Lampos dan Oknum Sat Pol PP, Nekat Halangi Wartawan Meliput

HUMBAHAS | GN – Kepala Bagian (Kabag) Protokoler Lampos Purba, menghalangi sejumlah wartawan untuk mengambil foto pada pelantikan 28 kepala desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat (7/12/2018) kemarin.

Kabag yang bersikap tidak simpati, hanya diam tanpa mau menjawab tujuan perilakunya tersebut. Sembari memegang erat tangan wartawan lalu menarik keluar dari depan podium.
Tidak hanya Lampos, sikap tak bersahabat itu juga ditunjukkan oleh oknum Satuan Polisi Pamong Praja. Saat hendak mau mengambil momen pelantikan, wartawan dihalangi.
Sembari mengucapkan, bahwa kegiatan pelantikan tidak dapat dipublikasikan dengan alasan perintah atasan. Ketika hal ini ditanya siapa atasan yang menyampaikan, petugas Satpol PP yang bertugas menjaga pengamanan pelantikan ke 28 kades, itu tak dapat menjawab.
Kejadian ini pun sempat membuat para undangan yang hadir  terkecoh. Gegara, sempat adu mulut antara wartawan dengan petugas Satpol PP yang melarang wartawan untuk meliput.
“Sebenarnya yang perlu mendapat uji kompetensi wartawan bukan pers, tetapi pemerintah. Contohnya ini, sosok seorang pejabat yang tidak paham apa itu tugas pers. Apalagi, bersikap seperti ini berarti kemerdekaan pers tidak ada lagi dihargai pemerintah,” kesal Nababan, salah satu wartawan media online.
Sayangnya, atas kejadian ini, tak satupun pejabat pemerintah, mampu mengklarifikasi kepada sejumlah wartawan. Malah, memilih bungkam.
Seperti sikap yang ditunjukkan oleh Pelaksana Tugas Asisten Pemerintah Makden Sihombing. Demikian juga, Kepala Dinas Komnfo Hotman Hutasoit. 
Hotman hanya sempat mengungkapkan, bahwa pelantikan bukanlah gawenya untuk menjawab melainkan gawe Protokoler. “Aku tidak tahu apa-apa, itu gawe Lampos Purba. Coba tanya kepadanya,” elak Hotman.
Hingga berita ini diturunkan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor tak memberikan keterangan. Selain Dosmar, acara pelantikan turut dihadiri Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Sekdakab Tonny Sihombing, Kapolsek Dolok Sanggul mewakil Kapolres dan Dandim 02/TU Tapanuli Utara diwakili Pabungpen.
Sambutan Dosmar tidak dapat dipublikasikan. Dan pintu aula, saat sejumlah wartawan keluar yang merasa sudah kecewa, langsung ditutup rapat. (gam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA