oleh

Ya Ampun…, Patung Raja Sang Naualuh Dipindah Lagi

SIANTAR | GN – Bukti kebijakan amburadul Wali Kota Siantar Hefriansyah Noor, tercatat kembali di hati publik. Kali ini, memindahkan lokasi pembangunan Patung Raja Sang Naualuh dari Lapangan H Adam Malik Kota Siantar, ditempuh Hefriansyah.

Keputusan wali kota tersebut, tercetus dari hasil pertemuan bertajuk silaturahmi dengan para tokoh agama, toko adat serta tokoh masyarakat yang dihadiri Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu, di aula  Balai Kota Siantar, Senin (3/12/2018) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, peserta yang hadir menyatakan mendukung pendirian monumen Sang Raja. Namun tidak di Lapangan H Adam Malik Kota Siantar. 

Natsir Armaya selaku ketua PHBI (Persatuan Hari Besar Islam) Kota Siantar, pada kesempatan itu berpendapat, penempatan bangunan Patung Raja Sang Naualuh Damanik di Lapangan H Adam Malik, kurang tepat. Mengingat, ada perda yang mengatur peruntukannya. Selain itu, pembangunan tugu nantinya, akan mempersempit area lapangan yang selama ini menjadi lokasi kegiatan keagamaan. Seperi bagi ummat Islam. Lapangan H Adam Malik kerap dijadikan tempat Salat Idhul Adha dan Idul Fitri.
“Setiap tahun lapangan dijadikan tempat Solat Id. Kapasitas lapangan selama ini tak mampu menampung jemaah yang solat, hingga terpaksa ke luar lapangan. Selain kaum muslim, lapangan juga dipakai agama lain untuk kegiatan agama,” paparnya.

Dalam silaturahmi, bahkan sempat tercetus untuk membatalkan pembangunan tugu. Mengingat, Sang Raja merupakan sosok penyiar Agama Islam. Dalam Islam sendiri, terdapat larangan untuk mendirikan patung. Sebagai penghargaan kepada Sang Raja, pendirian patung diganti dengan pergutuan tinggi Sang Naualuh saja.

Wali Kota Siantar tak setuju soal itu. Pendirian patung tetap dilakukan, hanya lokasi saja yang akan dipindahkan. Pemko Siantar, akan mengkaji lokasi paling tepat nantinya. Silaturahmi kemudian ditutup dengan tanpa kepastian. (Ung/ Mon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA