oleh

Minten: Wali Kota Tak Bijak

SIANTAR | GN- Bukan hendak meluapkan rasa kecewa tak diundang dalam acara peletakan batu pertama pembangunan patung Raja Sangnawaluh Damanik, Ketua PMS (Partuha Maujana Simalungun) Minten Saragih, tatap menentang lokasi pembangunan Sang Raja yang dianggap tak bijak.

“Kurang pas letaknya (Patung Raja Sangnawaluh) itu. Karena di Lapangan Adam Malik. Lapangan Adam Malik sudah punya nama sendiri. Adam Malik adalah tokoh nasional,” kata Minten Saragih, ditemui di kantornya Jalan Kartini Kecamatan Siantar Barat, Kamis (15/11/2018) sore.

Raja Sangnawaluh itu lanjut Minten, adalah milik seluruh masyarakat Kota Siantar – Simalungun. Bukan hanya milik keluarga. Karena Raja Sangnawaluh lah yang memperjuangkan Siantar-Simalungun hingga bisa seperti sekarang.

“Jadi jangan main-main untuk melakukan hal pembangunannya. Karena yang hendak dibangun itu adalah Raja,” tegasnya

Dijelaskan Minten, dirinya sangat mengeluhkan kinerja Wali Kota Siantar H Hefriansyah Noor, yang tidak bijaksana untuk menyikapi lokasi pembangunan patung Raja tersebut.

Mengingat, tempat yang nantinya akan dibangun dan sudah melakukan peletakan batu pertama, tumpang tindih dengan tokoh nasional Adam Malik.

“Alangkah baiknya, pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh yang sudah direncanakan terdahulu di Taman Bunga, dilanjutkan saja. Karena taman bunga belum ada nama tokoh nasional apalagi Raja yang dinobatkan untuk dikenang,” ujarnya

Menurut Minten, dirinyalah yang mengusulkan pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh sejak 13 tahun yang lalu. Mulai Wali Kota Siantar yang terdahulu, hingga sekarang.

“PMS tidak ikut dalam hal peletakan batu pertama kemarin yang lalu. Karena kami menganggap kurang pas pembangunan tugu Raja di Lapangan Adam Malik,” terang ketua PMS.

Alasan lebih konkrit lagi bilang Minten, kelak tugu Raja Sangnawaluh, akan berdiri membelakangi balkon alun-alun dan lapangan H Adam Malik. Artinya, lapangan yang kerap dijadikan tempat upacara kenegaraan dan acara keagamaan, akan dibelakangi patung Sang Raja. (Manson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA