oleh

Terbanyak, Jumlah Pemilih di Siantar Utara

 
SIANTAR | GN – Dari delapan kecamatan se Kota Siantar, jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) terbanyak ada di Kecamatan Siantar Utara.
Demikan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTHP (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan) tahap II, yang dilakukan KPUD Kota Siantar, Senin (12/11/2018) di Convention Hall Siantar Hotel.
Ada pun jumlah DPT untuk Siantar Utara, mencapai 34.269. Disusul Siantar Martoba 28.441, Siantar Barat 27.491, Siantar Timur 25.547, Siantar Sitalasari  23.611, Siantar Marihat 14.275, serta Siantar Marimbun dengan 12.574 pemilih.
Ketua KPUD Siantar Daniel M Dolok Sibarani, didampingi sejumlah komisioner lainnya, Jafar Siddik Saragih, Gina R Ginting, Nurbaiyah Siregar dan Christian B Panjaitan, dalam rapat pleno terbuka hari itu mengatakan, keseluruhan jumlah DPT yang kemudian ditetapkan dalam pleno, mencapai 179,865 pemilih. 
Perincian jenis kelamin pemilih secara keseluruhan, laki-laki 86.766 pemilih dan perempuan 93.099 pemilih. Sementara di antara jumlah itu, terdapat pemilih pemula hingga 10.619 pemilih, dengan rincian laki-laki 5015 pemilih dan perempuan 5604 pemilih. “Jumlah itu tersebar di 761 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada 8 kecamatan dan 53 kelurahan,” ulas Daniel.
Masih Daniel, sampai pleno hari itu, pihaknya menjalankan proses yang panjang. Termasuk mengenyampingkan data pemilih sebelumnya. “Kita terus berupaya melakukan program GMHP. Singkronisasi data dan rekomendasi dari Panwascam tetap masih akan dilakukan demi akuratnya data pemilih . Hal ini karena sebuah amanat yakni; agar seluruh masyarakat memiliki hak pilih. Pemilu yang baik adalah pemilu yang datanya akurat sehingga tidak ada lagi persoalan paska penetapan hasil,” pungkasnya sambil memastikan hasil pleno akan disampaikan ke KPUD Provinsi dan diteruskan ke KPU RI untuk selanjutnya ditetapkan sebagai DPT Nasional Pemilu 2019.
Sementara Jafar Sidik Saragih, menambahkan, masyarakat yang belum masuk ke DPTHP II, masih dapat memilih nantinya dengan cara membawa e-KTP sesuai dengan alamat domisili. “Yang belum terinput data masih tetap bisa memilih. Tinggal bawa eKTP saja,” ujar Jafar
Hadir dalam rapat pleno tersebut, sejumlah komisioner Bawaslu Siantar, Panwascam se Kota Siantar serta sejumlah pengurus partai politik dan seluruh PPK se Kota Siantar. (Manson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA