oleh

Menahlukkan Luas Wilayah dan Masyarakat Heterogen

Oleh: Razak Siregar  *)

Bukan berniat mendahului ketentuan Yang Kuasa. Pemenang pada Pilkada Simalungun tahun 2020 mendatang, adalah sosok yang mampu menahlukkan luas wilayah dan masyarakat heterogen di dalamnya.

Luas wilayah Kabupaten Simalungun mencapai 438.660 hektare atau 6,12 persen wilayah Provinsi Sumut. Tanah Habonaron do Bona, ini terdiri dari 32 kecamatan dan 413 desa/ kelurahan. Para kandidat calon bupati dan wakil bupati, perlu tenaga ekstra hanya untuk bisa menjangkaunya.

Akses jalan yang masih berantakan, bukan tanpa alasan untuk semakin memastikan; Jika para kandidat kelak akan kesulitan untuk bisa menjangkau semua kawasan pemukiman warga dengan mudah. Keputusan JR Saragih dalam menyiasati hal ini, begitu cemerlang ketika ikut Pilkada periode lalu. Menggunakan helikopter sebagai alat transportasinya, membuktikannya keluar sebagai pemenang.

Akurasi, kecepatan dan image JR Saragih ketika menemui para konstituennya dengan menggunakan helikopter di kala itu, langsung meningkatkan elektabilitasnya dari para kandidat lain. Tak hanya itu, JR Saragih yang dengan ringan tangan siap membawa warga merasakan sensasi berheli ria mengarungi langit Simalungun, semakin melekatkan namanya di hati masyarakat. Bahkan, warga yang sakit, rela ia bawa ke rumah sakit dengan menggunakan helinya. Sikap ini, makin bikin pesaingnya kalah telak dari sisi pencitraan.

Bukan saja sekadar kemampuan dalam menjangkau seluruh kawasan dengan efektif, menggunakan alat transportasi berkampanye pakai helikopter, perlu untuk dipertimbangkan para bakal calon kandidat.

Berkaca dari strategi JR Saragih di Pilkada lalu, nampaknya para kandidat Bakal Calon Bupati Simalungun tahun 2020 mendatang, sudah harus memikirkan apa strategi atau formulasi tepat dalam mengimbangi strategi JR Saragih terdahulu. (Bersambung)

*)Penulis adalah Komisioner KPU Simalungun periode 2013-2018, KORDA  Jaringan Demokrasi Indonesia Kabupaten Siamlungun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERKINI